Emas

Emas adalah logam mulia yang bernilai tinggi yang harganya terus menerus naik dari waktu ke waktu akibat nilai-nilaian dari uang kertas dan logam yang terjun bebas terhadap emas. Emas banyak diburu oleh masyarakat, baik dalam bentuk mentah dari alam langsung maupun dalam bentuk jadi seperti batangan, perhiasan, koin dinar dan lain sebagainya.

Saat ini tambang emas banyak dikuasai oleh perusahan asing, badan usaha milik negara (BUMN), penambang liar, dan lain-lain. Walaupun indonesia menghasilkan emas yang jumlahnya cukup besar, namun pemerintah gagal mensejahterakan rakyat secara merata. Apabila tambang-tambang emas di negara republik indonesia dikuasai dan dikelola secara profesional oleh anak bangsa yang beriman dan berilmu, maka tidak menutup kemungkinan seluruh rakyat dunia bisa sejahtera. Di Jawa Tengah  wilayah yang batuannya banyak mengandung  tambang emas ada di Banyumas terutama pada sembilan kecamatan yang mengandung emas. Dua di antaranya sudah diekslpoitasi oleh masyarakat.

Pakar geologi mengatakan heboh temuan emas di bebatuan tepi dan dalam Sungai Datar wilayah Tajur, Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, dapat dipakai sebagai petunjuk membuka tabir “geologi dan potensi emas” di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

(sumber: http://news.okezone.com/read/2015/09/09/512/1210747/penjelasan-pakar-geologi-terkait-penemuan-emas-di-banyumas)