Pasir besi

Pasir besi adalah salah satu SDA tambang di Indonesia. Penambangan pasir besi menjadi perhatian akhir-akhir ini karena sering menjadi sorotan bahkan pro kontra pengelolaannya. Memang dalam mengeksplorasi penambangan pasir besi di negeri ini sering mengalami tantangan dari pihak masyarakat di lokasi tambang dengan pemerintah daerah termasuk perusahaan tambang yang mengelolanya. Beberapa daerah di Jawa Tengah (secara urut dari yang paling banyak): Cilacap, Jepara, Purworejo, Kendal, Kebumen, Brebes, Batang, Pemalang, Pekalongan, Tegal, Pati. (tertera dalam gambar).

Pasir besi yang ditambang untuk pengadaan bahan baku industri logam besi dan industri semen. Selain itu, pasir besi ini juga merupakan bahan baku untuk industri cat dan industri baterei. Potensi SDA di Indonesia begitu besar termasuk bahan tambang pasir besi. Andaikan pemerintah memiliki kemampuan memberdayakan potensi SDA yang handal untuk mampu mengelola penambangan ini dengan kemampuan penguasaan dan pengadaan peralatan yang canggih mengekploitasinya maka ke depan akan ada pendirian pabrik besi, pabrik semen, pabrik cat dan pabrik batere skala besar di Indonesia.

 

Apabila pengelolaan penambangan pasir besi ini diberdayakan dan di kelola secara mandiri di Indonesia maka ke depan akan lebih memberdayakan SDM dalam negeri. Pastinya akan muncul industri pabrik besar di tanah air dengan bahan baku pasir besi. Apa tidak mungkin pasir besi ini akan membuahkan munculnya industri pabrik mobil, pabrik mesin diesel bahkan pabrik peralatan pemboran migas. Demikian juga apabila telah tersedia SDM apa tidak mungkin dimasa yang akan datang akan ada industri pesawat terbang, kapal laut bahkan industri persenjataan sehingga kita tidak akan tergantung pada negara-negara lain. Saatnya gerakan kemandirian menuju era industrialisasi bagi Indonesia menjadi rencana pembangunan jangka panjang bagi pemerintah saat ini.

 

Sumber: http://www.kompasiana.com/johanismalingkas/pasir-besi_5535ab026ea8343c1bda4303

Sumber: http://esdm.jatengprov.go.id/Peta-Lokasi-Pasir-Besi.html