MAKANAN RINGAN KHAS TEMANGGUNG

Dusun Ngemplak-Ploso Desa Kemloko Kec Kranggan Kab Temanggung , adalah salah satu penambah wisata kuliner di Kabupaten Temanggung . Salah satu di antaranya adalah produksi Keripik Jagung atau Turtela , Turtela ini di produksi oleh Ny. Sunarti , Untuk pemasaran sudah mencapai luar daerah Kabupaten Temanggung.

Selain Turtela masih ada lagi produksi makanan ringan  yaitu keripik talas, keripik talas ini di buat dengan bahan baku pilihan yang telah di seleksi terlebih dahulu, sehinga akan memberikan hasil produksi yang mantap, rasanya gurih dan renyah.
http://kemlokokrg.blogspot.co.id/2011/01/centra-makanan-ringan.html

Karanggeneng menjadi pusat makanan kecil produksi rumahan. Produk makanan yang paling terkenal dari karanggeneng antara lain;
1.    BALUNG KUWUK Makanan dari ketela ini sangat mendunia sekali bentuknya yang tipis-tipis menjadikan keripik.
Balung Kuwuk sebenarnya hanya istilah saja untuk makanan ini. Balung = tulang. Kuwuk = sejenis kucing hutan. Sepertinya karena makanan ini kerasnya sekeras tulang. Padahal tidak loh. Kalau kita dapat memilih singkong yang bagus, pasti Balung Kuwuk ini akan empuk dan gurih.
Bahannya dari singkong yang dikukus, kemudian dirajang tipis. , lalu dijemur hingga kering. Setelah kering, singkong tadi kemudian digoreng hingga matang. Kemudian dibumbui dengan menggunakan gula merah yang dimasak dengan cabe dan saus tomat

Cara Pembuatan.
Bahan :
1 kg singkong kuning
Minyak goreng
Garam

Cara Membuat :
1. Kukus Singkong sampai lunak, dinginkan
2. Potong2 tipis singkong mengikuti garis serat.
3. Jemur singkong sampai setengah kering.
4. Goreng dengan api sedang dan minyak yg banyak
5. Tiriskan, taburi dengan garam

2. SATRU

Kue kering ini agak keras jika digigit namun akan mudah lumer ketika sudah masuk kedalam lidah, dan rasanya sangat manis dengan aroma kacang hijau. Kue ini banyak orang yang mengenalnya sebagai kue Satru yang sangat populer dimasyarakat Indonesia sejak dahulu kala hingga sekarang dan diminati oleh berbagai kalangan.

Kue Satru berwarna putih buram seperti serbuk yang memadat, biasanya berbentuk bundar, kotak dan dalam perkembangannya ada yang berbentuk bunga, bulan sabit dan lain-lain. Walaupun kue ini cukup sederhana dan murah namun rasanya sangat lezat, sehingga membuat orang yang memakannya seakan-akan tidak ingin berhenti hingga kue habis.

Tidak ada yang tahu mengenai asal-usul dari kue kering manis ini, namun ada yang menyebutkan kue ini menjadi salah satu kue khas Betawi, walaupun didaerah-daerah lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur kue Satru juga sudah sangat memasyarakat sejak dahulu, dan masih mudah kita dapatkan ditoko oleh-oleh atau toko kue.

Resep Kue Satru
Kacang hijau 400 gram , disangrai, kupas kulitnya
Gula halus 350 gram
Essence vanili 1/2 sendok teh

Cara membuat
1. Pertama sangrailah kacang hijau kemudian hilangkanlah kulitnya, dan ditumbuk atau diblender hingga lembut dan halus
2. Jika sudah masukan bahan lainnya yaitu gula halus dan essence vanili, dengan air kira-kira 4 sendok makan, kemudian aduk hingga merata
3. Masukan adonan yang sudah jadi tersebut ke cetakan dan dipadatkan
4. Ovenlah hingga benar-benar kering, angkat dan dinginkan
5. Kue Satru siap dihidangkan.
Sumber: http://kiostips.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-kue-satru-kacang-hijau.html

3.    PUYUR
Bahan baku slondok puyur adalah ketela pohon ( singkong ). Cara pengolahan sebagai berikut :
a)    Pertama ketela dikupas, pengupasan menggunakan alat seperti pisau kerok.
b)    Kemudian ketela yang telah dikupas dicuci bersih
c)    Selanjutnya ketela diparut.
d)    Hasil parutan ketela kemudian dibungkus karung dan dipres untuk dihilangkan kadar airnya.
e)    Setelah itu langkah selanjutnya adalah menepungkan atau membuat tepung dari parutan ketela yang telah dipres tersebut. Sambil dibersihkan sontrotnya ( urat-urat kayu ketela ).
f)    Kemudian dikukus dengan kukusan bamboo berbentuk kerucut, biasanya sekali kukus ada 6 tungku.
g)    Setelah dikukus langsung panas-panas dimasukkan dalam mesin penggiling berbentuk seperti getuk (untuk pembuatan puyur), kemudian hasilnya akan berbentuk lonjoran bulat
h)    Setelah 2 – 3 hari baru bisa dipotong selanjutnya di jemur.
i)    Sedangkan untuk pembuatan slondok perbedaannya adalah setelah dikukus kemudian ditumplek masih dalam bentuk bucu, kemudian setelah 2 – 3 hari dipotong menjadi lonjoran-lonjoran persegi empat selanjutnya dipotong panjang-panjang kemudian dijemur. Setelah kering oleh pengrajin slondok tawar dibawa ke pembumbu atau pengepul.
j)    Selanjutnya oleh pengepul slondok puyur dibumbui dengan cara 1 kwintal slondok puyur dicampur bumbu, yaitu cabe, garam dan gula. Untuk 1 kwintal slondok puyur dibutuhkan 1 kg glutamate dan 4 kg gula. Selanjutnya slondok puyur dikeringkan lagi beberapa saat dan terakhir dikemas dalam plastic sesuai kebutuhan, yaitu ada yang ½ kg, ada yang 5 Kg. Rata –rata setiap perajin dalam satu bulan membuat slondok puyur 3 kali. Setiap memproduksi kapasitasnya 4 – 5 ton, sehingga dalam satu bulannya mampu berproduksi sekitar 12 – 15 ton.

http://wiyonodrs.blogspot.co.id/2013/11/hasil-studi-lapangan-kpmd-ke-pengrajin.html.

4.    RENGGINAN
Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.
Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Bahan-bahan untuk membuat rengginang:
•    Beras ketan 250 gram, cuci bersih dan rendam beras ketan dalam air selama 1 jam
•    Garam 1 sendok teh
•    Gula pasir 1 sendok teh
•    Air 100 ml
Bahan bumbu yang dihaluskan:
•    Bawang putih 2 siung
•    Terasi bakar 1 sendok teh
Cara membuat rengginang yang enak, renyah dan gurih:
a)    Pertama-tama kukus beras ketan selama minimal 15 menit atau sampai setengah matang. Jika sudah sisihkan.
b)    Campur semua bahan bumbu-bumbu yang dihaluskan, garam, gula pasir, dan air. Kemudian aduk hingga merata dan rebus sampai mendidih.
c)    Jika sudah mendidih, tambahkan beras ketan. Aduk-aduk sampai meresap.
d)    Kukus ketan yang sudah bermbumbu tadi selama 30 menit atau sampai matang.
e)    Jika sudah matang angkat beras ketan dan bentuk sesuai selera, anda bisa membentuk tipis-tipis dengan cetakan bundar atau sebagainya.
f)    Lalu keringkan rengginang tersebut dibawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering.
g)    Jika rengginang sudah kering, rengginang sudah siap digoreng. Goreng rengginang dengan minyak goreng yang cukup banyak. Kemudian goreng rengginang tersebut sampai mekar dan renyah. Lalu angkat dan tiriskan minyaknya.
h)    Rengginang sudah siap disantap atau dihidangkan ataupun disimpan didalam toples.

5.    LEGENDAR

Bahan:
50 gr Bleng kering (dapat dibeli di pasar!)
air secukupnya
400 gr beras yang pulen
2 siung bawang putih di haluskan
garam secukupnya
bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng
Cara:
1. Larutkan bleng dalam 50 cc air, diamkan selama 5 menit sampai hancur. Aduk aduk
2. Masak beras dalam 1 Lt air sampai jadi aronan, kemudian masukkan larutan bleng, bawang putih, garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai air meresap semuanya, kemudian angkat dari atas api.
3. Kukus adonan dalam dandang sampai matang. Setelah itu masukkan nasi yang sudah matang ini ke dalam loyang selagi masih panas.
4. Tumbuk nasi cepat cepat sampai halus, kemudian padatkan denganmenekan nekannya. Supaya mudah dipotong, masukkan loyang dalam lemari es supaya adonan cepat mengeras
5. selanjutnya keluarkan adonan dari dalam loyang, potong potong tipis menurut selera. Kemudian jemur di panas matahari sampai kering betul.
6. Goreng kerupuk yang sudah kering ini dalam minyak panas yang banyak jumlahnya, sampai kerupuk mengembang. Hidangkan.
Untuk 500 gr.
https://bankresep.wordpress.com/2007/03/28/krupuk-legendar/

6.    TRASIKAN
Kue karsikan merupaka jajanan pasar yang cukup terkenal dikalangan masyarakat dari jaman dulu. Kue ini juga merupakan kue turun temurun yang legendaris. Rasanya hampir sama dengan kue jenang, atau kue dodol, tetapi kue krasikan ini, memiliki tekstur agak kasar,jadi saat dimakan rasanya seperti kres kres. Terbuat dari ketan yang sangan lalu ditumbuk sehingga membuat rasabya menjadi unik.


Resep Kue Krasikan
Bahan Kue Krasikan :
•    300 gram beras ketan
•    1/2 liter santan
•    250 gram gula jawa
•    1 butir kelapa parut
•    1 sendok teh air kapur sirih
Cara Membuat Kue Krasikan :
1.    Kita rendam beras ketan dengan air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam.
2.    Setelah terendam selama kurang lebih 1 jam, angkat dan kemudian kita tiriskan.
3.    Kemudian kita sangrai beras ketan tersebut hingga kecokelatan.
4.    Kemudian tumbuk sampai halus dan sisihkan beras ketan tersebut.
5.    Kita sangrai kelapa parut hingga kecokelatan. Angkat dan tumbuk hingga halus dan berminyak, sisihkan juga.
6.    Rebus gula jawa dan santan hingga mendidih. Saring kemudian masak lagi.
7.    Setelah mendidih masukkan kelapa sangrai halus dan ketan tumbuk, aduk aduk hingga kering dan mengental.
8.    Kemudian kita taruh dalam loyang yang telah dialasi dengan daun pisang dan padatkan adonan kue tersebut, setelah dingin kue krasikan siap dipotong potong dan disajikan.