Tanaman Pangan dan Hortikultura

Tanaman Pangan dan Hortikultura

Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Bidang tanaman Pangan dan Hortikultura mempunyai fungsi:
1.    Perencanaan teknis di bidang koleksi tanaman pangan dan hortikultura;
2.    Pembinaan dan pengawasan sarana produksi dan alat mesin pertanian;
3.    Pelaksanaan bimbingan teknis dan penerapan teknologi di bidang produksi tanaman pangan dan hortikultura;
4.    Pengamatan dan pengendalian hama dan penyakit tanaman pangan dan hortikultura;
5.    Pelaksanaan bimbingan teknis pasca panen dan pemasaran hasil tanaman pangan dan hortikultura;
6.    Pelaksanaan bimbingan teknis optimalisasi dan pengendalian lahan pertanian;
7.    Pengembangan kawasan produksi agribisnis tanaman pangan dan hortikultura;
8.    Pelaksanaan bimbingan teknis sentra komoditas tanaman pangan dan hortikultura;
9.    Pelayanan perijinan / rekomendasi teknis dan pembinaan usaha tani di bidang tanaman pangan dan hortikultura;
10.    Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data statistik tanaman pangan dan hortikultura;
11.    Pembinaan dan bimbingan permodalan usaha tani tanaman pangan dan hortikultura;
12.    Pembinaan dan pengawasan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas; dan
13.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
http://pertaniantemanggung.info/profil/bidang/bidang-tanaman-pangan-dan-hortikultura/

 

Tanaman sayuran dan buah-buahan semusim
a.    Tanaman sayuran semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun, bunga, buah dan umbinya, yang berumur kurang dari satu tahun.
b.    Tanaman buah-buahan semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah, berumur kurang dari satu tahun, tidak berbentuk pohon/rumpun tetapi menjalar dan berbatang lunak.

Tanaman buah-buahan dan sayuran tahunan

a.    Tanaman buah-buahan tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah dan merupakan tanaman tahunan.
b.    Tanaman sayuran tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun dan atau buah yang berumur lebih dari satu tahun.

Tanaman biofarmaka adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi ( rimpang ) ataupun akar.

Tanaman hias adalah tanaman yang mempunyai nilai keindahan baik bentuk, warna daun, tajuk maupun bunganya, sering digunakan untuk penghias pekarangan dan lain sebagainya.

Luas panen adalah luas tanaman sayuran, buah-buahan, biofarmaka dan tanaman hias yang yang diambil hasilnya/dipanen pada perode pelaporan.
Luas panen untuk tanaman sayuran: luas tanaman yang dipanen sekaligus/habis/dibongkar dan luas tanaman yang dipanen berkali-kali (lebih dari satu kali)/belum habis.
a.    Tanaman yang dipanen sekaligus/habis/dibongkar adalah tanaman yang sehabis panen langsung dibongkar/dicabut, terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang daun, kentang, kol/kubis, kembang kol, petsai/sawi, wortel, lobak dan kacang merah.
b.    Tanaman yang dipanen berkali-kali (lebih dari satu kali)/belum habis adalah tanaman yang pemanenannya lebih dari satu kali dan biasanya dibongkar apabila panenan terakhir sudah tidak memadai lagi, terdiri dari : kacang panjang, cabe besar, cabe rawit, jamur, tomat, terung, buncis, ketimun, labu siam, kangkung, bayam, melon, semangka dan blewah.

Produksi adalah hasil menurut bentuk produk dari setiap tanaman sayuran, buah-buahan, biofarmaka dan tanaman hias yang diambil berdasarkan luas yang dipanen pada bulan/triwulan laporan.
https://temanggungkab.bps.go.id/Subjek/view/id/55#subjekViewTab1|accordion-daftar-subjek3