Manfaat Biogas

Selain menyediakan listrik dan panas, biogas ini berguna sebagai bahan bakar kendaraan. Ketika diproses dengan standar kemurnian, biogas disebut gas alam terbarukan dan dapat menggantikan gas alam sebagai bahan bakar alternatif untuk kendaraan gas alam. Biogas dapat menjadi alternatif untuk bahan bakar transportasi konvensional. Manfaat biogas sama dengan manfaat dari gas alam. Manfaat tambahan termasuk: Peningkatan Ketahanan Energi Biogas offset-sumber daya tak terbarukan, seperti batu bara, minyak, dan bahan bakar fosil yang diturunkan dari gas alam. Memproduksi biogas menciptakan pekerjaan dan manfaat ekonomi lokal.
Lebih sedikit Emisi-Biogas mengurangi emisi dengan mencegah pelepasan metana di atmosfer. Metana adalah 21 kali lebih kuat dari karbon dioksida sebagai gas rumah kaca.  Biogas  mengurangi timbunan sampah dan bau, menghasilkan kaya nutrisi pupuk cair, dan membutuhkan lahan kurang dari pengomposan aerobik.
Limbah biogas, yaitu kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry) merupakan pupuk organik yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, unsur-unsur tertentu seperti protein, selulose, lignin, dan lain-lain tidak bisa digantikan oleh pupuk kimia. Pupuk organik dari biogas telah dicobakan pada tanaman jagung, bawang merah dan padi.

Orang-orang telah menggunakan biogas sejak 200 tahun lalu. Pada hari-hari sebelum listrik ada, biogas diambil dari pipa-pipa saluran pembuangan bawah tanah di London dan dibakar untuk lampu jalan, yang dikenal sebagai “lampu gas.” Di banyak bagian dunia, biogas digunakan untuk pemanas dan cahaya rumah, untuk memasak, dan bahkan untuk bahan bakar bus. Biogas dikumpulkan dari sumber yang berskala besar seperti peternakan sapi, dan melalui sistem domestik atau komunitas kecil di banyak desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *