Pengertian

Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan–bahan organik termasuk diantaranya: kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah Metana dan Karbon Dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Biogas diolah kembali menjadi bahan bakar minyak yang lebih spesifik.

Biodegradable atau degradasi/dekomposisi biotik adalah pembubaran bahan kimia oleh bakteri atau sarana biologi lainnya. Istilah ini sering digunakan dalam kaitannya dengan ekologi, pengelolaan sampah, biomedis, dan lingkungan alam (bioremediasi) dan sekarang umumnya terkait dengan produk ramah lingkungan yang mampu membusuk kembali ke elemen alami. Bahan organik dapat didegradasi secara aerob dengan oksigen, atau anaerobik, tanpa oksigen.

Biogas-juga dikenal sebagai biomenthane, gas rawa, gas landfill, atau digester gas adalah produk gas dari pencernaan anaerobik (tanpa oksigen dekomposisi) bahan organik. Jadi biogas merupakan produk pengurai bahan organik, seperti limbah, produk sampingan hewan, dan limbah padat pertanian, industri, dan kota. Biogas harus ditingkatkan untuk kemurnian standar untuk kendaraan bahan bakar dan didistribusikan melalui jaringan gas alam yang ada.

Gas landfill adalah gas yang dihasilkan oleh limbah padat yang dibuang di landfill Sampah ditimbun dan ditekan secara mekanik dan tekanan dari lapisan diatasnya. Karena kondisinya menjadi anaerobik, bahan organik tersebut terurai dan gas landfill dihasilkan. Gas ini semakin berkumpul untuk kemudian perlahan-lahan terlepas ke atmosfer. Hal ini menjadi berbahaya karena:

  • Dapat menyebabkan ledakan
  • Pemanasan global melalui metana yang merupakan gas rumah kaca
  • Material organik yang terlepas (volatile organic compounds) dapat menyebabkan (photochemical smog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *