Permasalahan

Beberapa tahun belakangan ini permasalahan energi sudah menjadi permasalahan yang sangat urgen di negara Indonesia. Karena energi itu pada mulanya merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan hal ini tentunya akan menjadi masalah ketika tidak ditemukan sumber energi baru, baik itu sama atau lebih dari yang ada sebelumnya. karena sumber energi ini sangat terbatas dan untuk mendapatkan kembali, perlu usaha yang sangat intens dari pihak pemerintah, bahkan biasanya ada tim khusus untuk menyelidiki dan mendapatkan sumber energi tersebut.

Berkaitan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yang dalam hal ini lebih dispesifikkan kepada minyak bumi di Indonesia, sudah sangat memprihatinkan.  Menurut data kementerian ESDM (2006), cadangan minyak Indonesia hanya tersisa sekitar 9 milliar barel. Apabila persediaan itu terus dipakai oleh masyarakat, maka secara  otomatis persediaan itu akan habis dan hanya diperkirakan dua dekade mendatang. Sehingga pemerintah memberikan solusi untuk mengatasi hal itu, salah satu solusinya ialah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional untuk mengembangkan sumber energi sebagai pengganti bahan bakar minyak.
Kebijakan ini sebenarnya lebih menekankan pada alternatif pengganti bahan bakar minyak, dalam menanggapi hal ini yang paling solutif ialah biogas. Proses ini merupakan peluang besar untuk menghasilkan energi yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang semakin lama semakin habis.
Istilah biogas itu sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kita, biogas ini berasal dari berbagai macam limbah sampah, kotoran manusia maupun kotoran hewan, yang kemudian diproses sehingga dapat menghasilkan berbagai macam bentuk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya dapat menjadi gas untuk menyalakan kompor, menjadi kompos yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman, serta dapat dijadikan pembangkit tenaga listrik yang dapat menerangi rumah-rumah kita. Sehingga hal ini sangat solutif apabila diterapkan untuk mengurangi persediaan bahan bakar yang sangat terbatas. Dapat kita pahami bahwa biogas ialah gas yang diproduksi oleh makhluk hidup, baik itu sampah maupun kotoran hewan dan manusia.

Kelangkaan bahan bakar minyak mendorong pemerintah untuk mengajak masyarakat indonesia mengatasi masalah energi bersama-sama, agar meringankan beban masyarakat dan pemanfaatan biogas lah cara yang cukup baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *