LRB

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 – 30 cm dan kedalaman sekitar 100 cm, atau, tidak sampai melebihi kedalaman muka air tanah.

Biopori adalah pori-pori berbentuk lubang (terowongan kecil) yang dibuat oleh aktivitas fauna tanah (seperti cacing dan organisme tanah lainnya) atau akar tanaman. Teknologi ini merupakan hasil karya Ir Kamir R Brata, MSc, Staf Dept Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian IPB. Penelitian tentang LRB selama ini diarahkan pada mengatasi masalah banjir karena kurangnya tanah resapan di daerah perkotaan yang terdapat di sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) yang rawan banjir, sekaligus untuk mengatasi masalah penumpukan sampah.

Ir Kamir R Brata, MSc terinspirasi dari ajaran Islam, bahwa tidak ada kemubaziran di alam ini. Air dan sampah harus dimanfaatkan, karena jika dibuang bisa menimbulkan musibah. Di dalam tanah, menurutnya, terdapat sistem ekologi tanah yang didalamnya ada saling ketergantungan antara makhluk hidup dan yang tak hidup. Keberadaan kedua jenis makhluk ini akan mempengaruhi kelangsungan ekologi tanah. Bila ekosistem itu terganggu, dampaknya akan dirasakan oleh manusia. Ia mengingatkan bagian terbesar penyusun makhluk hidup adalah air. Makhluk hidup mampu menyerap air mencapai 50-80 persen. Selain itu, makhluk hidup membutuhkan oksigen dan makanan. Oksigen dihasilkan oleh tanaman melalui proses fotosintesis. Proses ini akan berlangsung dengan baik bila ada persediaan tanaman yang diserap akar dari dalam tanah. Hanya saja, proses ini mensyaratkan kandungan air di dalam tanah cukup dan tidak berlebihan. Air yang terserap oleh tanaman, manusia, dan penguapan akan digantikan dengan sumber air baru dari kerja makhluk hidup di dalam tanah. Itu semua akan terjadi jika air cukup diserap oleh tanah. Menurut Kamir, dengan teknologi ini kita membuat tempat untuk makhluk hidup untuk penyerapan air, dengan memanfaatkan apa yang kita buang berupa sampah organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *