Manfaat / Fungsi

a. Meningkatkan daya resapan air

Melalui LRB maka akan meningkatkan daya resapan air, setidaknya sebesar luas kolom/dinding lubang. Oleh aktivitas organisme tanah, terutama fauna tanah dan akar tanaman, tercipta rongga-rongga didalam tanah yang akan dijadikan sebagai saluran air untuk meresap kedalam tubuh tanah. Genangan air akan meresap kedalam tanah, dan persoalan banjir akan teratasi. Terjadi peningkatan cadangan air bersih di dalam tanah, dan mencegah erosi dan longsor.

b. Mengubah sampah organic menjadi kompos

Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang LRB, dijadikan sebagai sumber energi bagi organisme tanah, untuk diubah menjadi kompos, yang dapat dipanen pada periode tertentu..

c. Mengurangi gas rumah kaca  (CO2 dan CH4  / metan).

Perubahan menjadi kompos dan meningkatnya pembentukan biopori yang dapat memperlancar peresapan air dan pertukaran O2 dan CO2 di dalam tanah. Hal ini akan mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan); berarti akan mengurangi pemanasan global.

d. Mengurangi permasalahan penyakit yang diakibatkan genangan air.

Melalui LRB, permasalahan penumpukan sampah., dan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria, dapat diatasi .

e.  Mengurangi permasalahan kekeringan air tanah.

LRB dapat pula digunakan untuk mengatasi persoalan kekeringan air tanah. Pertumbuhan industri, gedung dan populasi penduduk, menuntut kebutuhan air tanah semakin besar, melalui penyedotan air secara besar-besaran.  Ketersediaan tanah untuk resapan air hujan tertutup oleh bangunan. LRB akan mengisi ruang-ruang kosong pada tanah dan mengisi air yang hilang atau disedot, serta mencegah terjadinya krisis air,  yang dewasa ini sudah mulai dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *