Sumur Resapan

PENGERTIAN SUMUR RESAPAN AIR

Dewasa ini, hampir diseluruh kota di jawa tengah atau Indonesia, persoalan banjir menjadi pemandangan yang teramat biasa kita lihat, terlebih pada musin hujan. Selain persolan banjir, adalah terjadinya penurunan permuakaan air tanah. Untuk mencegahnya dan sekaligus dapat menjaga cadangan air, maka perlu dilakukan pembuatan sumur resapan air hujan. Meskipun tidak seluruh masalah dapat diatasi, namun sumur resapan ini secara teoritis akan banyak membantu meringankan kedua masalah tersebut sekaligus.

Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air yang dibuat sedemikian rupa sehingga bangunannya menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.

Sumur resapan berfungsi memberikan tambahan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sasaran  lokasi adalah daerah peresapan air  di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pedesaan, perkotaan, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum lainnya. Pemilihan pada lokasi yang  banyak terdapat zona kedap air (atap bangunan, rumah, jalan aspal). Semakin banyak zona kedap air semakin banyak volume run off akibat sedikitnya air hujan yang meresap ke dalam tanah.

Pada daerah–daerah kedap air biasanya akan terdapat banyak genangan dan aliran permukaan yang berasal dari  hujan. Sumur resapan  dapat menampung sejumlah air hujan yang jatuh ke zona kedap air  kemudian diresapkan  ke dalam tanah sehingga tidak mengalir menjadi run off. Air yang mengisi sumur resapan berasal antara lain dari atap rumah/bangunan yang dialirkan melalui talang dan masuk ke sumur melalui pipa-pipa.

Data permeabilitas tanah diperlukan untuk menentukan volume sumur resapan air yang akan dibuat. Curah hujan diperlukan untuk menentukan dimensi sumur resapan air. Data curah hujan yang diperlukan selama 10 tahun pengamatan (diperoleh dari stasiun hujan terdekat). Pengukuran luas atap rumah didasarkan atas luas permukaan atap yang merupakan tempat curah hujan jatuh secara langsung diatasnya. Desain bentuk dan jenis konstruksi sumur resapan air dietentukan pula oleh sifat-sifat fisik tanah yang meliputi Infiltrasi,tekstur tanah, struktur tanah, dan pori drainase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *