A. Sintaks Model

Sintaks merupakan fase (tahap kegiatan) dalam suatu pembelajaran. Akibatnya sintaks pembelajaran akan mengindikasikan dengan jelas aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa. Dengan demikian sintaks model dirancang dengan memperhatikan pandangan kognitif-kontruktivistik-beharioristik. Karena itu sintaks model mengarah ke ide-ide kognitif  kontruktivistik-beharioristik. Sintaks model disajikan pada table 1 dibawah ini.

Table 1.Fase-fase Sintaks dari Model Pembelajarn “Wisata Lokal”.

Fase Aktivitas guru Aktivitas siswa
Fase 1.Berwisata lokal Guru menfasilitasi, atau memberi tugas, agar siswa mempelajari materi yang ada di web “Wisata lokal” dan poster. Siswa berwisata lokal melalui searching di internet terkait web “Wisata Lokal” dan mempelajari poster di kelas.
Fase II.Pengantar pembelajaran
  • Mengantarkan pembelajaran  melalui motivasi tentang potensi daerah.
  • Menyampaikan kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran.

 

Memperhatikan penjelasan guru.
Fase III.Memberi penjelasan singkat tentang materi yang akan diajarkan serta mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok diskusi.
  • Menjelaskan materi terkait yang akan dibelajarkan.
  • Menjelaskan cara pembentukan kelompok.

 

Mendengarkan dan mencatat poin-poin yang penting, serta mengajukan pertanyaan yang belum dimengerti.
Fase IVMendiskusikan atau tugas individu tentang masalah/kasus/insformasi/penguatan/ kemanfaatan untuk didiskusikan atau dikerjakan.
  • Mengatur posisi duduk dalam bentuk melingkar.
  • Guru membimbing diskusi kelompok.
  • Menciptakan situasi kondusif.
  • Atau guru member tugas individu.
Siswa berdiskusi dalam kelompok-kelompok yang telah ditentukan, terkait tugas yang diberikan oleh guru atau siswa mengerjakan tugas individu.
Fase VMemplenokan atau mempresentasikan. Diskusi: Memimpin pleno dan mencatat hal-hal yang perlu untuk diberi penekanan.Tugas individu: dikumpulkan atau dipresentasikan. Siswa mempresentasikan kerja hasil diskusi kelompok/individu.
Fase VIKesimpulan dan penutup..
  • Mengevaluasi hasil kegiatan diskusi.
  • Memberi penguatan dan memperjelas.
  • Siswa menyusun kesimpulan.
  • Memberi reward sebagai penghargaan terhadap prestasi kelompok/individu.
Siswa meresume dan mencatat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *