F. Sintak Kurikulum 2013

SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN “WISATA LOKAL” METODE SAINTIFIK
Fase Aktivitas guru Aktivitas peserta didik
Fase 1.

Berwisata lokal

Guru menfasilitasi, atau memberi tugas, agar peserta didik mempelajari materi yang ada di web “Wisata lokal” dan poster.

 

Peserta didik berwisata lokal melalui searching di internet terkait web “Wisata Lokal” dan mempelajari poster di kelas., juga informasi riil di lapangan.

Peserta didik dapat pula mempelajari data dari hasil percobaab/pengamatan terkait potensi lokal.

Pengamatan (Observing)

 

Fase II.

Menjajagi potensi peserta didik.

  • Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan segala hal terkait dengan informasi dan data yang diperolehnya pasca berwisata lokal.
  • Mengantarkan pembelajaran yang mengarah penanaman nilai-nilai karakter.
  • Peserta didik mengajukan pertanyaan dari hasil membaca dan mengamati potensi lokal dari model, serta mengajukan pertanyaan terkait dengan data hasil percobaan.
  • Peserta didik termotivasi untuk menggali lebih dalam lagi terkait dengan potensi lokal.
Menanya(Questioning)

 

Fase III.

Memberi penjelasan tentang materi yang sedang dibahas, mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok diskusi.

  • Menjelaskan materi terkait yang sedang dikaji bersama.
  • Memberi arahan terhadap pertanyaan.
  • Menjelaskan cara pembentukan kelompok.

 

  • Mendengarkan dan mencatat poin-poin yang penting, serta mengajukan pertanyaan yang belum
  • Mengumpulkan data dan informasi, untuk dikaji lebih lanjut
Mengumpulkan data (Experimenting)

 

 

Fase IV

Mendiskusikan atau tugas individu tentang masalah/kasus/insformasi/penguatan/kemanfaatan.

  • Mengatur posisi duduk dalam bentuk melingkar.
  • Guru membimbing diskusi kelompok.
  • Atau guru memberi tugas individu/kelompok untuk dibahas.
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok-kelompok yang telah ditentukan, terkait tugas yang diberikan oleh guru atau peserta didik mengerjakan tugas individu. Pada tahap ini peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplor potensi lokal yang ada secara riil di lapangan. Mengasosiasi (Associating)

 

Fase V

Memplenokan atau mempresentasikan.

Diskusi: Memimpin pleno dan mencatat hal-hal yang perlu untuk diberi penekanan.

Tugas individu: dikumpulkan atau dipresentasikan.

Peserta didik mempresentasikan kerja hasil diskusi kelompok/individu. Tahap ini, memberi kesempatan pada peserta didik mendapatkan informasi lebih banyak lagi dari berbagai sumber.
Fase VI

Kesimpulan, membuat laporan dan penutup..

  • Mengevaluasi hasil kegiatan diskusi.
  • Memberi penguatan dan memperjelas.
  • Memberi reward sebagai penghargaan terhadap prestasi kelompok/individu.
  • Peserta didik meresume atau membuat simpulan.
  • Jika perlu memberi rekomendasi percobaan lanjut.
  • Peserta didik membuat laporan/informasi didukung dengan kemampuan tata tulis bahasa.
Mengkomunikasikan (communicating):

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *