F. Sintak Kurikulum 2013
SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN “WISATA LOKAL” | METODE SAINTIFIK | ||
Fase | Aktivitas guru | Aktivitas peserta didik | |
Fase 1.
Berwisata lokal |
Guru menfasilitasi, atau memberi tugas, agar peserta didik mempelajari materi yang ada di web “Wisata lokal” dan poster.
|
Peserta didik berwisata lokal melalui searching di internet terkait web “Wisata Lokal” dan mempelajari poster di kelas., juga informasi riil di lapangan.
Peserta didik dapat pula mempelajari data dari hasil percobaab/pengamatan terkait potensi lokal. |
Pengamatan (Observing)
|
Fase II.
Menjajagi potensi peserta didik. |
|
Menanya(Questioning)
|
|
Fase III.
Memberi penjelasan tentang materi yang sedang dibahas, mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok diskusi. |
|
|
Mengumpulkan data (Experimenting)
|
Fase IV
Mendiskusikan atau tugas individu tentang masalah/kasus/insformasi/penguatan/kemanfaatan. |
|
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok-kelompok yang telah ditentukan, terkait tugas yang diberikan oleh guru atau peserta didik mengerjakan tugas individu. Pada tahap ini peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplor potensi lokal yang ada secara riil di lapangan. | Mengasosiasi (Associating)
|
Fase V
Memplenokan atau mempresentasikan. |
Diskusi: Memimpin pleno dan mencatat hal-hal yang perlu untuk diberi penekanan.
Tugas individu: dikumpulkan atau dipresentasikan. |
Peserta didik mempresentasikan kerja hasil diskusi kelompok/individu. Tahap ini, memberi kesempatan pada peserta didik mendapatkan informasi lebih banyak lagi dari berbagai sumber. | |
Fase VI
Kesimpulan, membuat laporan dan penutup.. |
|
Mengkomunikasikan (communicating):
|