B. Pengorganisasian Kelas

Metode ini berintikan  pada penggalian potensi daerah yang ada agar dapat memberikan kemaknaan bagi siswa, baik berupa kasus, persoalan, pemanfaatan, atau penguatan. Langkah-langkahnya adalah sbb:

  1. Pada pertemuan  sebelumnya, guru meminta kepada siswa berwisata lokal kabupaten Rembang melalui wisata lokal informasi (web) dan wisata lokal kelas (poster dan produk dalam kelas). Siswa diminta untuk mempelajari materi “Wisata Lokal” baik yang ada di web maupun poster terkait dengan materi yang akan diberikan pada pertemuan yang akan datang.
  2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Memotivasi siswa  agar memiliki kepekaan dan  kepedulian terhadap potensi derah yang ada. Potensi derah baik kelebihan dan kekurangan dapat dijadikan sebagai sumber dan laboratorium pembelajaran.
  3. Guru menerangkan materi yang kemungkinan dapat diperjelas dan diperluas dengan potensi daerah yang ada, serta memberi contoh terkait dengan potensi daerah yang relevan  dengan materi pembelajaran.
  4. Guru memberi tugas kepada siswa  berupa kasus/persoalan/kemanfaatan/penguatan yang harus didiskusikan oleh siswa melalui suatu diskusi kelompok atau tugas individu.
  5. Guru membantu mengarahkan agar siswa dapat mengerjakan tugas sesuai yang dikehendaki.
  6. Siswa menyampaikan laporan/mengumpulkan tugas yang diminta oleh guru.
  7. Guru memberi penguatan/memperjelas/menggaris-bawahi laporan/tugas dari siswa.
  8. Guru membimbing siswa agar dapat membuat kesimpulan atau meringkas materi pembelajaran yang sedang dibahas.

Catatan:

  1. Untuk kelompok diskusi dibentuk dengan kemampuan siswa yang beragam. Satu kelompok terdiri dari beragam kemampuan siswa (rendah, sedang dan tinggi), dan guru berperan sebagai fasilitator.
  2. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
  3. Dapat dilaksanakannya diskusi pleno,  untuk mendapatkan kesimpulan akhir dari kegiatan diskusi kelompok, atau guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil diskusinya.
  4. Kegiatan diskusi dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan eksperimen/analisis kasus/observasi, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis.
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *