Spesifikasi Model

SPESIFIKASI MODEL

Produk yang diharapkan dari kegiatan penelitian pengembangan (R&D) ini adalah model pembelajaran “Wisata Lokal” pada seluruh mata pembelajaran. Spesifikasi produk mencakup semua identitas penting yang dapat digunakan untuk membedakan dengan produk lainnya.  Model pembelajaran “Wisata Lokal”  memiliki spesifikasi sbb:

  1. Materi dari model pembelajaran “Wisata Lokal”  adalah potensi daerah yang dikemas dalam bentuk web dan poter dan produk yang ada di ruang kelas. Materi yang di upload didayagunakan untuk seluruh mata pelajaran pada seluruh jenjang sekolah meliputi SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK. Materi meliputi seluruh program, kondisi, potensi, persoalan, keunggulan yang ada di dinas di wilayah kabupaten/kota.
  2. Prosedur penggunaan model pembelajaran “Wisata Lokal”  yang disusun secara rinci dan sistematis untuk memberi kemudahan bagi pengguna (guru).
  3. Model pembelajaran “Wisata Lokal” ini  menjadi spesifik untuk tiap daerah baik kabupaten atau kota. Guru berupaya untuk selalu mendekatkan siswa dengan potensi lokal yang ada, baik menyinggung atau menyampaikan secara penuh.
  4. Model pembelajaran „Wisata Lokal“ ini masih berorioentasi pada sekolah dimana internet masih terjangkau. Untuk sekolah yang ada di daerah yang internet belum terjangkau, melalui pengemasan dalam CD sangat memungkinkan dilakukan. Teknik pendekatan yang digunakan oleh guru dapat bervariasi, agar informasi yang ada dalam web dapat diketahui oleh siswa. Untuk SD/MI dapat memperbanyak poster yang ada dalam web.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *