GEMARIKAN (GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN).

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah yakni hanya 35 kilogram per kapita. Kondisi ini, menyebabkan rendahnya IQ masyarakat Indonesia dibanding negara Asia Tenggara lainnya. IQ rata-rata warga Indonesia masih dibawah rata-rata negara Asean. IQ rata-rata Indonesia, hanya sama dengan Laos dan Kamboja. Rendahnya konsumsi ikan akan berpengaruh ke IQ dan  tinggi badan. Hal ini dilihat  tinggi badan masyarakat Indonesia yang rendah.

Pemerintah Indoneisa selalu terus berupaya meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan. Berbagai program  digalakkan. Penyebabnya bukan karena   faktor rendahnya konsumsi ikan. Mengingat  produksi ikan nasional cukup bagus terlebih mengingat luasnya wilayah perairan. Hal ini memberikan gambaran bahwa persoalannya bukan karena ketersedia ikan, tetapi lebih terletak kesadaran untuk mengkonsumsi.  Terlebih pemerintah telah membuat peraturan terkait dengan penangkapan ikan. Hany penguasaha Indonesia yang diperbolehkan menangkap ikan. Orang asing, hanya boleh masuk di sektor perikanan dari sisi industri. Artinya, nanti ke depan jaminan ketersediaan ikan itu akan makin banyak dan terutama ditujukan untuk konsumsi masyarakat Indonesia.

 

Berbagai upaya telh dilakukan oleh pemerintah daerah. Gemarikan merupakan kepanjangan dari gerakan memasyarakatkan makan ikan. Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Perlunya  mengkampanyekan gemarikan ini mulai dari anak TK,  dan  Sekolah Dasar. Melalui gerakan ini diharapakan adanya kesadaran, pelatihan dan pembiasaan.

 

Pemda Temanggung telah melakukan berbagai kegiatan untuk memperkuat. Usaha ini memang sudah mulai lama dilakukan di Kabupaten Temanggung terbukti dengan telah dibentuknya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) yang langsung di Ketuai Oleh Ibu Bupati Temanggung. Semua ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di sekitar Kabupaten Temanggung.

 

Acara Kampanye Gemarikan yang sekaligus dibarengkan dengan Hari Ikan Nasional di Kabupaten Temanggung ini antara lain bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mengkonsumsi ikan sejak mulai dini dengan melibatkan siswa Sekolah Dasar. Sehingga diharapkan bisa terbentuk generasi sehat, cerdas dan kuat akibat makan ikan. Ada beberapa kegiatan yang telah diupayakan oleh pemda Temanggung yaitu:

  1. Sosialisasi dan menyemarakkan Hari Ikan Nasional.
  2. Mengadakan kegiatan Lomba Mewarnai Gambar Ikan untuk  2 Kategori, yaitu Tingkat TK – SD Kelas 3 dan SD Kelas 4 – 6 .
  3. Pameran dan Bursa Ikan Hias.
  4. Aneka Olahan Produk Ikan.

Sumber : https://goo.gl/efW8Ef