Perikanan

Pisces (ikan) adalah hewan yang hidup didalam air, mereka dapat bernafas didalam air karena insang yang mereka miliki. Pisces dapat ditemukan di air tawar (danau dan sungai) maupun air asin (laut dan samudra). Pisces merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu air ditempat dia hidup.

Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam, dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 spesies di seluruh dunia. Struktur tubuh ikan sebagian besar dibentuk oleh rangkanya, tulang penyusun tubuhnya ada tulang rawan, dan adapula tulang sejati. Insang dan ekor yang mereka miliki membantu mereka untuk bergerak dengan cepat didalam air.

Jenis ikan yang dikembangkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Pemerintah Kabupaten Temanggung adalah budidaya ikan air tawar jenis Nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia). Ikan  nila varietas unggul ini merupakan  hasil penelitian dan pengujian dari Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar, Badan Riset Kelautan dan Perikanan Kementerian Perikanan dan Kelautan. Dinas Perikanan dan Peternakan Temanggung mendapatkan benih sebanyak 3.500 ekor dan Kelompok Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Desa Ngimbrang, Kecamatan Bulu, Temanggung sebanyak 1.500 ekor.

Keunggulan nila itu antara lain tahan terhadap perubahan lingkungan seperti suhu dan musim, produksi ikan lebih baik jika dibandingkan dengan ikan nila yang biasa dikembangkan masyarakat. Persentase hidup nila jenis itu cukup tinggi, mencapai 90 persen, sedangkan nila biasa 65-75 persen. Nila berwarna hitam kehijauan itu, katanya, pertumbuhannya relatif lebih cepat. Untuk mencapai benih ukuran lima hingga delapan sentimeter hanya perlu waktu 45 hari sedangkan nila biasa hingga 60 hari.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendorong para pembenih ikan atau unit pembenihan rakyat (UPR) mendapat sertifikat cara pembenihan ikan yang baik (CPIB). Temanggung telah mengusulkan dua UPR untuk mendapatkan sertifikat tersebut, yakni pembenih lele Kelompok Mina Clarias di Kelurahan Jurang, Temanggung dan pembenih nila Kelompok Mina Jaya Mandiri Desa Mondoretno, Kecamatan Bulu.
Untuk mendapatkan sertifikat CPIB tersebut karena harus memenuhi 11 standar operasional prosedur, antara lain UPR tersebut memiliki instalasi pembuangan limbah (ipal). Hal ini mengindikasikan bahwa tidak boleh sembarangan UPR membuang air limbah karena dikhawatirkan dapat mengganggu atau menimbulkan pencemaran lingkungan, maka air limbah harus melalui ipal sebelum mengalir ke tempat umum.

PERIKANAN
1.    Kapal Perikanan
Kapal nelayan adalah kapal yang secara langsung pasti digunakan dalam kegiatan memancing ikan/hewan laut lainnya/tumbuhan laut. Seluruh kapal yang digunakan termasuk kedalamnya. Kapal pengangkut yang khusus digunakan hanya untuk mengangkut tidak termasuk didalamnya. Perahu yang digunakan untuk membawa nelayan, peralatan penangkapan ikan, ikan, dan lain-lain. Dalam perikanan menggunakan alat-alat penangkapan seperti bagan, sero, dan kelong.
2.    Produksi Perikanan
Nilai Produksi Perikanan diyatakan dalam berat hidup ikan pada saat baru dipancing. misalnya the “round fresh”, “round whole” or ex water weight equivalent of the quantities recorded at the time of landing.
3.    Fishing operator s
Rumah tangga nelayan adalah rumah tangga yang melakukan aktivitas memancing atau menjaring ikan-ikan/hewan laut lainnya/tanaman-tanaman laut. Usaha ini selalu dilakukan baik oleh anggota keluarga atau nelayan yang dipekerjakan.
4.    Pemancingan Ikan
Pemancingan Ikan adalah Aktivitas rumah tangga untuk memperoleh ikan tambak, sungai budidaya kolam ikan, saluran sungai, rawa, danau atau laut, dan sebagainya. Dengan maksud untuk dijual atau untuk menambah penghasilan.
5.    Penangkapan Ikan
Manangkap ikan adalah aktivitas rumahtangga memperoleh ikan. Di laut, sungai, atau perairan umum lainnya untuk dijual atau menambah pendapatan.