b. Pengorganisasian Kelas

  • Metode ini berintikan  pada masalah kehidupan yang dihadapi dan memberikan       kemaknaan bagi siswa. Langkah-langkahnya adalah sbb:
  1. Pada pertemuan  sebelumnya, guru meminta kepada siswa berwisata lokal kabupaten Rembang melalui wisata lokal informasi (web) dan wisata lokal kelas (poster dan produk dalam kelas). Siswa diminta untuk mempelajari materi “Wisata Lokal” baik yang ada di web maupun poster terkait dengan materi yang akan diberikan pada pertemuan yang akan datang.
  2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Memotivasi siswa  agar memiliki kepekaan dan  kepedulian terhadap potensi derah yang ada. Potensi derah baik kelebihan dan kekurangan dapat dijadikan sebagai sumber dan laboratorium pembelajaran.
  3. Guru menerangkan materi yang kemungkinan dapat dijelas dan diperluas dengan potensi daerah yang ada.
  4. Guru memberi contoh dengan potensi daerah yang ada, yang relevan  dengan materi pembelajaran.
  5. Guru menutup proses pembelajaran dengan memberi tugas kepada siswa  berupa kasus yang harus dipecahkan oleh siswa melalui suatu diskusi kelompok (informasi/masalah/kasus).
  6. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.) atau guru meminta siwa untuk meringkas melalui suatu diskusi terkait dengan bahan materi yang akan diberikan.
  7. Kelompok diskusi dibentuk dengan kemampuan siswa yang beragam. Satu kelompok terdiri dari beragam kemampuan siswa (rendah, sedang dan tinggi).
  8. Pada kegiatan diskusi kelompok, guru berperan sebagai fasilitator.
  9. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
  10. Dilaksanakannya diskusi pleno,  untuk mendapatkan kesimpulan akhir dari kegiatan diskusi kelompok, atau guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil diskusinya.
  11. Kegiatan diskusi dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan eksperimen, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  12. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
  13.   Guru menutup dengan memberikan kesimpulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *