Wisata Lokal

WELCOME TO  ‘WISATA LOKAL” TEMANGGUNG

“WISATA LOKAL” merupakan model pembelajaran  berbasis potensi daerah Rembang.  Melalui pembelajaran berpedekatan “wisata lokal” diharapkan seluruh komponen sekolah (guru, murid, orang tua), memiliki kepedulian yang sama untuk mengembangkan potensi daerah. Guru selalu memunculkan potensi daerah ini pada setiap proses pembelajaran yang dilakukannya. Baik melalui contoh, penguatan, analisis persoalan dan pemecahannya,. Melalui  pembelajaran yang berulang-ulang, diharapkan akan memunculkan fanatisme yang kuat, karakter akan terbentuk, menumbuhkan kecintan terhadap potensi daerahnya, baik oleh guru maupun peserta didik.

Model pembelajaran ini didesain dan dikembangkan dengan memanfaatkan kebutuhan daya saing global. Melalui pemanfaatan Teknologi Informasi (komputer dan internet),  diharapkan dapat ikut memberikan kontribusi penyelesaian masalah yang ada. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah: “Model Pembelajaran Wisata Lokal”, terdiri dari:

  1. Wisata lokal-kelas (local tourism-class). Ruang didesain dengan aneka gambar dan produk/material tentang potensi daerah. Harapannya peserta didik dan guru memiliki kepedulian yang sama untuk mengkorelasikannya pada setiap mata pelajaran yang ada, sehingga timbul fanatisme, kecintaan  dan kreativitas yang kuat untuk memberdayakan potensi lokal yang ada.
  2. Wisata lokal-informasi (local tourism-information): pembelajaran tentang potensi lokal daerah yang dapat diakses, melalui pemanfaatan teknologi informasi baik penayangan dengan komputer maupun internet. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *